Your name

www.your-url-here.com
Your own description here. Edit it.
About Me
Replace this with your own description here. Go to "Edit HTML" to change this.
Dalam hubungan komunikasi dengan orang lain, pada dasarnya seseorang pasti melakukan proses prediktif. Maksudnya adalah memperediksi tentang bagaimana lawan bicara saya. Dan dari proses prediksi inilah, akan timbul pertanyaan – pertanyaan seperti : bagaimana sifat orang ini? Apakah dapat dipercaya? Apakah dia menyukainya? Bagaimana agar dia menyukai saya? Dan sebagainya.

Menurut Gerald R. Miller dan Mark Steinberg (1975) ada 3 tingkatan analisis yang digunakan dalam melakukan prediksi yaitu :
1. tingkat kultural
menurut koentjaraningrat atau ahli antropologi Indonesia, kebudayaan didefinisikan sebagai “keseluruhan gagasan dan karya manusia yang dibiasakannya dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil budi dan karya itu,” inti dari definisi tersebut bahwa kebudayaan merupakan produk manusia sebagai keseluruhan gagasan dan karya manusia yang ada diluar diri individu yang harus dipelajari seperti bahasa, seni lukis dan sebagainya.
Pada analisis tingkat cultural, guna mencapai efek yang diharapkan komunikator dalam melakukan prediksi paling tidak harus mengerti dan memahami kultur, terutama yang bersifat material dari pihak yang diajak berkomunikasi.
Analisis cultural memiliki batas – batas geografis, dimana adat istiadat, kebiasaan, dan budaya serta bahasa di setiap tempat berbeda – beda.
2. tingkat sosiologis
apabila komunikator melakukan prediksi mengenai reaksi komunikan terhadap pesan yang ia sampaikan berdasarkan keanggotaan komunikan dalam kelompok sosial tertentu, maka dapat dikatakan bahwa komunikator melakukan prediksi pada tingkat sosiologis.
Dalam tingkat sosiologis, komunikator melakukan prediksi, yaitu berupa nilai dan norma kelompok yang dianut pihak lain tersebut.
3. tingkat psikologis
prediksi tingkat psikologis adalah prediksi yang dibuat oleh komunikator terhadap reaksi komunikan sebagai akibat menerima suatu pesan didasarkan pada analisis pengalaman individual yang unik dari komunikan.
Dalam prediksi tingkat psikologis, memiliki karakteristik khas dari kepribadian pihak lain itu .

 http://mariberkomunikasi.blogspot.com/2009/08/tingkat-analisis-dalam-melakukan.html
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar