Your name

www.your-url-here.com
Your own description here. Edit it.
About Me
Replace this with your own description here. Go to "Edit HTML" to change this.

4 TEORI UTAMA PSIKOLOGI MODERN DALAM MEMANDANG PERILAKU MANUSIA
  1. Pendekatan neurobiologis
  2. Pendekatan psikoanalisis
  3. Pendekatann prilaku ( behaviorisme )
  4. Pendekatan kognitif
  5. Pendekatan humanistis
PENDEKATAN NEUROBIOLOGIS
Pendekatan yg berusaha menghubungkan tindakan dengan kejadian yang berlangsung didalam tubuh manusia, terutama dalam otak dan susunan syaraf. Pendekatan ini mencoba menyederhanakan perilaku yg dapat diamati dan kejadian-kejadian mental ( seperti pikiran dan emosi ) menjadi proses biologis. Penemuan penelitian menunjukkan ada hubungan yang erat antara aktivitas otak dengan perilaku dan dengan pengalaman. Misalnya reaksi emosi pada manusia dan hewan dpt dirangsang dengan listrik.
PENDEKATAN PSIKOANALISIS
Perilaku manusia ditentukan oleh insting bawaan yang sebagian besar tidak disadari. Dalam pandangan psikoanalisis kepribadian manusia merupakan interaksi antara Id, Ego dan Superego.
Id, adalah bagian kepribadian yang menyimpan dorongan – dorongan biologis manusia – pusat insting. Id bergerak berdasarkan prinsip kesenangan, ingin segera memenuhi kebutuhannya. Id bersifat egoistis, tidak bermoral dan tidak mau tahu kenyataan.
Ego adalah mediator antara hasrat-hasrat hewani dengan tuntutan rasional dan realistik. Egolah yang menyebabkan manusia mampu menundukkan hasrat hewaninya dan hidup sebagai wujud yg rasional. Ego bergerak berdasarkan prinsip realitas.
Superego adalah polisi kepribadian, mewakili yang ideal. Superego adalah hati nurani yang merupakan internalisasi dari norma-norma sosial dan kultural masyarakat. Superego memaksa ego untuk menekan hasrat-hasrat yang tak berlainan kealam bawah sadar manusia
Baik id maupun superego berada dalam bawah sadar manusia.

PENDEKATAN BEHAVIORISME
Menganalisis perilaku manusia hanya berdasarkan perilaku yang nampak dan dapat diukur. Perilaku manusia adalah hasil dari proses belajar. Manusia belajar dari lingkungannya dari hasil belajar itulah dia berperilaku. Oleh karena itu manusia dapat dipengaruhi oleh lingkungannya.
PENDEKATAN KOGNITIF
Psikologi kognitif berpendapat bahwa manusia bukan hanya penerima stimuli yang pasif. Mental manusia mengolah informasi yang diterimanya dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk baru dan memilihnya kedalam katagori-katagori.
PENDEKATAN HUMANISTIK
Pendekatan yang humanistik mulai dalam menanggapi keprihatinan yang di rasakan oleh para terapis terhadap keterbasan dan teori-teori psikodinamik, khusunya psikoanalisis. Ada beberapa faktor yang membedakan pendekatan humanistik dari pendekatan-pendekatan dalam psikolog, termasuk penekanan pada makna subjektif, penolakan terhadap determinisme, dan kepedulian terhadap pertumbuhan positif dari pada patologi.
ASUMSI DASAR MANUSIA MENURUT PENDEKATAN HUMANISTIK
1. Manusia adalah makhluk yang baik dan dapat dipercaya. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang baik dan berupaya menjalin hubungan yang bermakna dan konstruktif dengan orang lain.
2. Manusia lebih bijak daripada inteleknya. Manusia lebih bijak dari pikiran-pikiran yang disadarinya bilamana manusia berfungsi dengan cara yang baik dan tidak disentrif.
3. Manusia adalah makhluk yang mengalami. Yaitu makhluk yang memikirkan, berkehendak, merasakan dan mempertanyakan. Rogers yakin bahwa inti dari kehidupan yang bernilai terletak dalam mengalami sebagai pribadi yang mendalam.
4. Kehidupan ada pada saat ini, kehidupan ialah hidup sekarang. Kehidupan itu lebih dari sekedar tingkah laku otonistik yang ditentukan oleh peristiwa masa lalu, dan nilai kehidupan terletak pada saat sekarang, bukan pada masa lalu atau pada saat yang akan datang.
5. Manusia adalah makhluk yang bersifat subyektif. Tingkah laku manusia hanya dapat dipahami berdasarkan dunia subyektifnya, yaitu bagaimana individu itu memandang diri dan lingkungannya.
6. Hubungan manusiawi yang mendalam merupakan salah satu kebutuhan yang terpokok manusia. Meningkatkan hubungan antar pribadi yang mendalam memiliki potensi yang sangat besar sebagai sumber kesejahteraan mental manusia.
7. Manusia memiliki kecenderungan kearah aktualisasi. Kecenderungan manusia adalah bergerak ke arah pertumbuhan, kesehatan, penyesuaian, sosialisasi, realisasi diri, kebebasan dan otonomi.


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar