Your name

www.your-url-here.com
Your own description here. Edit it.
About Me
Replace this with your own description here. Go to "Edit HTML" to change this.

Proses penerimaan dan pengolahan informasi dalam diri individu dimulai dari proses penerimaan informasi yang paling awal, yaitu sensasi, kemudian diikuti dengan proses persepsi sampai proses penyimpanan dan penggunaan kembali informasi tersebut.

Manusia selalu dikelilingi oleh berbagai sensasi, di cafe telinga menangkap suara musik, hidung mencium wewangian bunga. Melalui alat indralah manusia memperoleh pengetahuan dan semua kemampuan untuk berinteraksi dengan dunianya.
Sensasi adalah proses menangkap stimuli melalui alat indra. Berasal dari kata sense, yang berarti alat indra, yang menghubungkan organisme dengan lingkungannya.
Kita mengenal 5 alat indra, yaitu penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasa/pengecap. Indra terpenting manusia adalah penglihatan kemudian baru pendengaran. Manusia memanipulasi benda-benda dengan tangan sehingga indra peraba pun menjadi penting.
Selain ke5 indra itu, dunia psikologi juga mengenal indra kinestesis dan vestibular Kinestesis adalah indra yang memberi informasi tentang posisi tubuh dan anggota badan. Vestibular adalah indra keseimbangan. Indra ini menolong menjaga keseimbangan misalnya, saat seorang naik sepeda, Alat indra ini berada dalam di bagian dalam telinga.
Proses sensasi terjadi saat alat indra mengubah informasi menjadi impuls-impuls syaraf yg dimengerti oleh otak melalui proses tranduksi. Agar dapat diterima oleh indra, stimuli harus cukup kuat dan melewati batas minimal intensitas stimuli, misalnya mata manusia hanya dapat menangkap stimuli yang mempunyai panjang gelombang antara 380 – 780 manometer. Misal : Kran bocor dimalam hari, dpt membangunkan ibu amir, sedangkan Pak amir yg tidur disebelahnya sama sekali tidak terganggu.
Alat indera menangkap stimuli, lalu stimuli tersebut diubah menjadi sinyal yang dapat dimengerti oleh otak untuk kemudian diolah. Disinilah terjadi apa yg disebut dengan proses persepsi, yaitu cara kita menginterpretasi atau mengerti pesan yg telah diproses oleh sistem indrawi kita.
Jadi persepsi adalah proses memberi makna pada sensasi. Dengan melakukan persepsi manusia memperoleh pengetahuan baru. Persepsi mengubah sensasi menjadi informasi. Jika sensasi adalah proses kerja indra kita maka persepsi adalah cara kita memproses data inderawi tadi menjadi informasi agar dapat kita artikan.
PROSES PERSEPSI
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar